Bogor Photo - Kumpulan Photo Jaman Dahulu dan hasil Jalan-Jalan di Bogor dan Sekitarnya

Nederlands Indische Veeartsenschool - IPB Bogor

Nederlands Indische Veeartsenschool Bogor - Institut Pertanian Bogor

PB merupakan lembaga pendidikan tinggi sebagai kelanjutan lembaga pendidikan tinggi sebagai kelanjutan dari lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian dan kedokteran hewan yang dimulai abad ke-20 di Bogor. Sebelum perang dunia, lembaga pendidikan menengah tersebut dikenal dengan nama Middlebare Landbouw School, Middelbare Bousbow School, dan  Nederlandsch Indische Veeartsen School.

Pada tahun 1940, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Lembaga Pendidikan Tinggi Pertanian di Bogor dengan nama Landbouw Hogeschool yang pada masa pendudukan Jepang (1942-1945) ditutup. Namun pada masa itu Nederlandsch Indische Veeartsen School tetap berjalan. Hanya namanya diubah menjadi Bogor Zui Gakku (Sekolah Dokter Hewan Bogor) yang pada tahun 1946 ditingkatkan menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan (PTKH).

Pada tahun 1947 Landbouw Hogeschool dibuka kembali dengan nama Faculteit voor Landbouw-wetenschappen sebagai kelanjutan Landbouw Hogeschool, yaitu mempunyai jurusan Pertanian dan Kehutanan. Bersama dengan dibentuk Faculteit der Diergeneskunde yang sebelumnya adalah Perguruan Tinggi Kedokteran Hewan. Secara organik kedua Faculteit yang ada di Bogor tersebut bernanaung di bawah Universiteit van Indonesie yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Indonesia (UI).

pada tahun 1950 Faculteit voor Landbouw-wetenschappen berubah nama menjadi fakultas pertanian UI dengan 3 jurusan yaitu Sosial Ekonomi, Pengetahuan Alam, dan Kehutanan serta pada tahun 1957 dibentuk Jurusan Perikanan darat, sedangkan Faculteit voor Diergeneeskunde berubah nama menjadi fakultas Kedokteran Hewan UI yang pada tahun 1960 berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan dan selanjutnya pada tahun 1962 menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Peternakan UI. Pada tanggal 1 September 1963, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 91 Th. 1963, fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewa, Fakultas Peternakan UI melepaskan diri melepaskan diri menjadi Institut Pertanian Bogor dan disahkan oleh Presiden RI dengan Keputusan No. 2791 Th. 1965.

Pada awalnya, IPB terdiri dari 5 (lima) fakultas yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, dan Fakultas Peternakan. Pada tahun 1964, IPB berkembang menjadi 6 (enam) fakultas dengan didirikannya Fakultas Teknologi Mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian serta tahun 1981hingga saat ini bernama Fakultas Teknologi Pertanian.


No comments:

Post a Comment